Berenang Dengan Ikan Hiu di Karimunjawa sangat menantang adrenalin pengunjung tentunya. Ikan Hiu termasuk salah satu jenis ikan yang buas dan berbahaya karena dari berbagai berita dibelahan dunia, banyak peselancar dan pengunjung pantai yang diserang kawanan ikan tersebut dan akibatnya sangat fatal.

Mungkin ketika kita melihat kejadian tersebut akan sangat mengkhawatirkan dan mengerikan. Berenang dengan ikan-ikan predator yang mengelilingi tubuh akan menimbulkan dampak ketakutan bagi anda yang tidak siap dengan ujian mental tersebut. Berbeda halnya dengan ikan hiu karimunjawa tersebut, mereka teroglong ikan hiu yang jinak karena sudah terbiasa dengan kondisi berdekatan dengan manusia. Ada beberapa peraturan yang harus diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk berenang bersama di kolam hiu tersebut.

Petugas penjaga akan menjelaskan detail peraturan yang harus ditaati oleh wisatawan. Beberapa agen wisata karimunjawa memiliki program tersebut untuk mendongkrak popularitas promosi mereka dengan harapan mampu menarik minat wisatawan dengan rasa penasaran.

Tips Aman Berfoto

Setelah Benny, beberapa wisatawan lain ikut mencoba untuk berfoto. Namun sebelumnya, Agus Hermawan memberikan beberapa tips berfoto bersama anak-anak ikan hiu untuk para wisatawan. Berikut tips-tips dari Agus Hermawan agar tetap aman ketika berfoto dengan anak-anak ikan hiu di dalam penangkaran.

Berdarah? Lebih Baik Jangan

Wisatawan yang hendak berfoto, hendaknya melihat dan memastikan terlebih dahulu kondisi fisik. Coba lihat apakah ada bagian tubuh yang terluka dan mengeluarkan darah. Jika wanita yang sedang menstruasi, Agus menyarankan untuk tidak turun ke kolam.

Kontrol Gerakan Tangan

Ketika telah berada di dalam kolam penangkaran hiu, wisatawan hendaknya mengontrol gerakan tangan. Gerakan tangan yang berlebihan akan memancing anak-anak ikan hiu untuk mendekat. Anak-anak ikan hiu tersebut mengira ada makanan yang dapat dimakan. Jika hendak masuk ke kolam penangkaran ikan hiu, sebaiknya tangan di angkat keatas ya…

Cuci tangan

Ikan hiu adalah predator bagi ikan-ikan yang berukuran lebih kecil. Jika usai memakan ikan, disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Hal tersebut berguna untuk menghilangkan bau amis pada tangan dan juga mencegah menarik perhatian anak-anak ikan hiu.

Jangan pegang hiu

Anak-anak ikan hiu yang ada di kolam penangkaran hiu berukuran kecil. Walaupun kecil, usahakan jangan mencoba memegang ikan tersebut. Ketika wisatawan berusaha memegangnya, ikan hiu akan berontak dan berusaha melepaskan dari cengkeraman tangan manusia.

Tetap tenang

Melihat ikan hiu untuk pertama kali yang ada di dalam benak kepala adalah seekor hewan buas yang siap memangsa. Ketika berada di kolam hiu, wisatawan diharapkan tetap tenang sehingga membuat suasana tetap kondusif. Cobalah bersikap santai dan kembangkan senyum di wajah agar hasil foto lebih bagus.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY