makanan khas jepara

Berwisata atau melakukan kegiatan traveling tidak luput dari yang namanya buah tangan. Jika anda mengunjungi kota Jepara, Makanan Khas Jepara yang mungkin ingin anda coba banyak sekali karena di kota tersebut banyak sekali menyediakan berbagai macam souvenir berupa kerajinan dan makanan khas.

Sebagai penduduk setempat, saya merasa prihatin dan ingin sekali mempromosikan berbagai ciri dan khas jepara melalui blog kecil sederhana ini. Ada beberapa makanan khan Jepara yang ingin saya perkenalkan kepada pembaca. Berikut ini beberapa makanan yang ada di jepara.

Nasi Pindul ( perpaduan pindang dan gandul )

NASI PINDUL adalah salah satu kuliner khas jepara yang mempunyai cita rasa pantura. Hampir mirip dengan nasi gandul, rawon atau grombyang. Nasi pindul memadukan rempah2 tradisional dan dibuat tanpa santan.Nasi pindul bisa diartikan perpaduan antara nasi pindang dan nasi gandul

 

Horog – Horog

Mendengar namanya mungkin terasa aneh dna asing. Orog-orog hanya bisa anda temukan di Jepara karena makanan ini sangat tradisional dan jarang sekali pembuat makanan tersebut menjualnya ke luar daerah. Biasanya orog-orog disantap pada pagi hari sebagai sarapan dengan lauknya yaitu pecel, sate kulit dan kerupuk.

Kacang Oven Jepara

Image result for kacang oven jepara

Kacang termasuk makanan dari palawija yang sangat mudah ditemukan di berbagai tempat. Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang luar biasa akan tetapi, kacang oven termasuk salah satu bentuk kreatifitas penduduk jepara untuk mengolah kacang supaya memiliki rasa yang lebih gurih dan nikmat untuk dimakan. Hanya di Jepara saja kacang oven bisa detemukan dengan rasa yang khas.

Pindang Srani

Pindang Srani dibuat dari ikan dengan cara direbus dan campur dengan bumbu pilihan. Oleh karena itu rasa dan aroma dari masakan tersebut sangat menggoda selera bagi perut yang lapar. Rasa pedas yang bercampur dengan asam membuat mulut ingin segera mencicipinya.

Kerupuk Tengiri

Related image

Kerupuk tengiri adalah oleh2 khas jepara, yang terbuat dari ikan tengiri asli. Ikan tengiri sangat mengandung banyak gizi untuk tubuh, Jika kita makan kerupuk tengiri berarti kita sudah mencukupi gizi yang dibutuhkan tubuh kita. Pusat pembuatan atau home industry kerupuk tengiri berada di desa pengkol, kecamatan jepara.

Gempol Pleret

Image result for gempol pleret

Kurang lengkap jika hanya makanan saja yang ditampilkan tanpa ada minuman pendamping. Minuman yang satu ini tergolong unik dan memiliki citarasa tinggi sebagai masakan nusantara. Gempol pleret sering kita lihat dijajakan di tepi jalan atau di tempat-tempat yang dijadikan nongkrong dan berkumpul. Menikmati minuman tersebut sangat cocok ketika udara panas karena sangat menyegarkan.

Adon – Adon Coro

Image result for adon-adon coro

Adon-adon coro ini adalah minuman tradisional khas yang dibuat dengan menggabungkan bahan-bahan seperti jahe, santan, gula merah, serta potongan kelapa yang dibakar dan terakhir dikasih rempah-rempah. Serta minuman ini rasanya sangat manis dan ada kombinasi pedas dengan tambahan aroma jahe serta ditambah lagi rempah-rempah akan terasa nikmat. Untuk mendapatkan minuman ini tidak terlalu sulit, anda bisa kunjungi di pusat shopping center jepara dan disana akan banyak dijajakan para penjual adon-adon coro.

Carang Madu

Related image

Carang madu merupakan produk oleh-oleh asli dari Jepara. Makanan ringan yang disajikan dengan tetesan adonan gula merah dan manis ini memiliki banyak penggemar. Makanan ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti gula merah, tepung beras, dan bumbu-bumbu nan dibutuhkan. Bahan-bahan tersebut dibuat menjadi adonan nan agak encer. Lalu, dibentuk seperti jaring laba-laba.

Kue Larut ( Lumer di  Mulut )

Image result for larut kue LARUT jepara

LARUT yaitu kue kering yang berbahan dasar tepung sagu dan memiliki rasa yang khas. Rasa yang ditawarkan berbagai macam mulai dari jeruk, jahe, gula manis dan sebagainya. Makanan ini diberi nama LARUT karena memiliki tekstur yang kranyes dan lumer di mulut. Asal muasal terciptanya resep makanan LARUT berasal dari warisan nenek moyang di Desa Kaliaman – Kecamatan Kembang – Kabupaten Jepara.

Masih ada banyak sekali aneka makanan dan minuman khas yang belum bisa saya sebutkan semuanya. Pada kesempatan berikutnya, InsyaAllah akan kita bahas lagi supaya bisa menambah lumbung informasi bagi anda pecinta backpacker atau Pariwisata.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY